Photobucket
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Invasi german ke Perancis

THE FALL OF FRANCE

Evakuasi Dunkirk telah menyelamatkan nyawa lebih dari 300.000 tentara Inggris dan Perancis, tetapi semangat itu telah rusak parah setelah semua. Tidak mungkin bagi 60 divisi tentara Perancis dan beberapa ribu pasukan bersenjata Inggris di Perancis untuk mempertahanankan 10 divisi divisi tank lapis baja dan 143 divisi dari tentara Jerman.

Disaat Jerman sudah mendekat, Perancis malah terlihat lebih santai. Hal ini terlihat dari inspeksi pasukan Perancis yang tidak lazim.


Tanggal 14 Juni 1940, Divisi IV Infantri Jerman memasuki kota Paris dengan relatif mudah tanpa perlawanan berarti.


Dengan leluasa, infantri Jerman berbaris melintasi monumen bersejarah di Paris : Arc de Triomphe.



Infantri jerman yang didukung dengan kendaraan lapis baja sudah memasuki kota Paris. Dalam beberapa jam kedepan, seisi Perancis telah dikuasai oleh Hitler.

Setelah Paul Reynaud merombak kabinet Prancis, Jenderal Maxime Weygand langsung dilantik sebagai panglima angkatan bersenjata Perancis. Maxime Weygand langsung membangun Weygand Defensive Line di Sungai Somme dan Aisne Sungai untuk menghadang Jerman dari di utara. Pada tanggal 3 Juni 1940, Luftwaffe menyerang habis-habisan di bandara di Perancis, menghancurkan sekitar 900 pesawat terbang Perancis dan merebut supremasi udara. Pada tanggal 5 Juni sebelum fajar, Jerman memulai tahap kedua dari serangan di Perancis dengan 143 divisi tentara memulai serangan besar-besaran. Angkatan bersenjata Jerman hanya perlu 3 hari untuk menerobos masuk ke Paris.

Adolf Hitler dan para Jenderal pembantunya berkeliling melintasi menara Eiffel dipusat kota Paris.

Salah satu foto Adolf Hitler yang fenomenal untuk kekasihnya Eva Anna Paula Braun, dengan latar belakang menara Eiffel.

Tentara Jerman berbaris melintasi Avenue des Champs-Elysees. Kegiatan ini juga turut meruntuhkan moral tentara Perancis.

Pada 22 Juni 1940, perwakilan dari Perancis (Divisi II Compiegne) bersiap menandatangani pernyataan resmi kalahnya Perancis terhadap Jerman. Perjanjian ini dilaksanakan diatas kereta  Le Francport-Compiegne. Peristiwa ini mengulangi sejarah tahun 1918, diatas kereta yang sama, hanya dari posisi duduk berbeda. 

Ketika angkatan bersenjata Jerman mencapai tepi barat Paris, Italia menyeberangi gunung Alpen untuk menyerbu Perancis dengan 32 divisi tentara pada tanggal 10 Juni. Pemerintah Perancis tidak terorganisir untuk mempertahankan para penyusup. Pada tanggal 11 Juni, pemerintah Perancis berpindah ke Tours mengumumkan bahwa Paris adalah kota yang undefended. Pada tanggal 13 Juni, pemerintah Reynaud resmi meminta gencatan senjata ke Jerman. Pada tanggal 14 Juni, angkatan bersenjata Jerman merebut Paris tanpa konflik bersenjata. Bendera Jerman-Nazi dengan swastika berkibar di menara Eiffel. Pada hari yang sama angkatan bersenjata Perancis Maginot Line ditangkap, pemerintah Reynaud pindah ke Bordeaux dari Tours.

Pemerintahan Henri Philippe Benoni Omer Joseph Petain yang dipaksa mengakui kekuasaan Adolf Hitler.

Petain mengumumkan juga kepada semua anggota Dewan Keamanan PBB, bahwa Perancis kini benar-benar tak berdaya dibawah kekuasaan Jerman.

Sebuah karikatur di media Perancis yang penuh makna : was invaded but not been conquered. Ini menandakan bahwa semangat bangsa Perancis akan tetap ada.

Tentara Perancis yang berada diatas kapal perang Toulon Port bertahan mati-matian dari serangan Jerman, meskipun kapal telah tenggelam. 

Pada tanggal 17 Juni, angkatan bersenjata Jerman tiba di tepi Sungai Rhine dan Strasbourg diduduki. 500.000 tentara Perancis terjebak. Banyak dari mereka yang ditangkap dan melarikan diri ke Swiss. Ketika Perancis resmi diinvasi Jerman, Presiden Amerika Serikat Franklin D. Roosevelt menjawab telegraf Perancis tanggal 10 Juni dengan menjawab prihatin atas dikuasainya Prancis. Pemerintah Inggris juga menyatakan bahwa mereka tidak bisa memberikan dukungan militer.

Pahlawan Nasional Perancis dalam Perang Dunia II : Jenderal Charles Andre Joseph Marie de Gaulle


Jenderal Charles Andre Joseph Marie de Gaulle mempublikasikan pidatonya kepada rakyat Perancis yang terkenal : De Gaulle`s Appeal of 18 June


De Gaulle melakukan inspeksi Divisi 151 di London (18 Juni 1940)

Pada malam 16 Juni pemerintah Reynaud mengundurkan diri dan diambil alih Henri Philippe Benoni Omer Joseph Petain. Pada tanggal 20 Juni, pemerintah Petain resmi mengajukan banding ke Jerman untuk menyerah. Dua hari kemudian, pada tanggal 22 Juni 1940 gencatan senjata Jerman-Perancis telah ditandatangani di Le Francport, dekat Compiègne, di tempat yang sama pada tahun 1918, di gerbong kereta api yang sama, tetapi dengan bertukar tempat duduk. Perjanjian ini dikenal dengan nama Second Compiègne. Delegasi dari Prancis [Jenderal Charles Huntziger] dan delegasi dari Jerrman [Jenderal Wilhelm Keitel] menandatangani perjanjian gencatan senjata. Perancis dipaksa untuk menerima klausul gencatan senjata yang diajukan Jerman. 

Awal Maret 1941, Perdana Menteri Inggris dan Jenderal Perancis Charles de Gaulle melakukan inspeksi unit tank lapis baja Inggris.

Siaran Radio BBC disiarkan secara kontinyu dari London. Dan berkat kalahnya Perancis, pemberitaan BBC juga disiarkan dalam dua bahasa : Inggris dan Perancis.

Rakyat Perancis yang masih bertahan dinegerinya melakukan pemberontakan tanpa henti kepada Nazi-Jerman.
 
Pada tanggal 24 Juni, perjanjian gencatan senjata Prancis-Italia ditandatangani di Roma. Menurut Second Compiègne, tentara Prancis harus benar-benar melucuti dan menyerahkan semua senjata ke Jerman, Perancis harus membagi menjadi dua bagian : area yang diduduki [occupied] dan wilayah non-diduduki [unoccupied]. Jerman menduduki sekitar 3/5 dari Perancis, termasuk distrik industri yang kaya dan terpadat di utara dan wilayah pesisir di dekat Bay of Biscay. Perancis harus menanggung biaya operasional dari tentara diwliayah occupied. Dan wilayah unoccupied, wilayah pertanian di Perancis selatan dan barat dibawah komando pemerintahan boneka Jerman : Petain.

Pejuang Perancis menggunakan truk sebagai tameng dari penembak jitu Jerman. Dipinggiran Perancis, pemberontakan kerap terjadi, dan Jerman menggunakan penembak jitu untuk menumpas mereka.

Beberapa milisi Perancis hendak memutuskan jalur kereta api yang mengangkut persenjataan dari Jerman menuju Perancis.

Tidak hanya jalur kereta api, tapi jalur sungai juga tak lupa untuk dilumpuhkan oleh para milisi Perancis untuk menghalau pergerakan militer Jerman.

Pada tanggal 1 Juli, pemerintah Petain pindah ke Vichy. Kinerja pemerintahan Vichy menjadi sangat bergantung kepada Jerman. Setelah Pierre Laval mengambil jabatan perdana menteri, ia langsung menghapuskan konstitusi 1875 untuk mengakhiri Republik Perancis Ketiga. Perancis dikenal sebagai bangsa dengan angkatan bersenjata terkuat di Eropa dan jumlah penduduk 50.000.000 jiwa, Tetapi, kenyataannya, Prancis runtuh sama sekali dalam 6 minggu setelah pecahnya Perang Dunia II yang diprakarsai oleh Jerman-Nazi.

Sebuah pesawat dari armada Luftwaffe yang telah ditembak jatuh oleh milisi Perancis.

Satu lagi bangkai pesawat Jerman yang telah dirusak oleh warga Perancis.

Seorang pengkhianat Perancis diarak keliling kota Paris oleh warga dengan celana dan sepatu yang telah dilucuti.

Setelah Perancis diduduki Jerman, patriot militan Prancis mulai menentang semua pengkhianat dan bangkit berjuang untuk kebebasan dan kemerdekaan tanah air mereka di bawah kepemimpinan Jenderal Charles Andre Joseph Marie de Gaulle. Ia pergi ke pengasingan di Britania Raya pada tanggal 17 Juni. Pada tanggal 18 Juni, dia menyampaikan pidato radio yang terkenal melalui layanan radio BBC. Dalam pidatonya, De Gaulle mendesak rakyat Prancis untuk tidak menjadi demoralisasi dan terus untuk melawan pendudukan Perancis dibawah rezim Vichy, yang telah menandatangani gencatan senjata dengan Jerman-Nazi. Setelah pemerintah Petain menyerah, De Gaulle mengumumkan melalui radio bahwa Komite Nasional Pembebasan Prancis [French Committee of National Liberation] sudah berdiri. Serentak bendera Free France berkibar kota di London dan wilayah-wilayah lainnya, yang dilakukan warga Prancis sebagai bentuk dukungan mereka.

Pahlawan Nasional Perancis lainnya : Jean Moulin. Beliau terkenal karena karya karikaturnya yang menyindir arogansi Jerman. Dia ditangkap mata-mata Jerman pada tahun 1943.

Salah seorang warga Perancis yang diabadikan sebelum dieksekusi mati tentara Jerman.

Prajurit Amerika akhirnya tiba di Inggris, dan melakukan adaptasi dengan persenjataan militer Inggris sebelum berperang dengan Jerman. 

Pahlawan nasional Perancis Jean Moulin berpartisipasi dalam gerakan perlawanan ini. Dia ditangkap pada tahun 1943. Jean Moulin mengekspresikan gerakan ini melalui karya-karyanya, karikatur politik anti-Jerman.