Photobucket
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

invasi german ke yunani

Komando Tinggi Yunani menyadari bahwa Jerman tidak akan mengizinkan sekutunya, Italia, akan terlibat dalam perang memalukan tanpa batas. Pada pertengahan Januari 1941, oleh karena itu, Yunani merebut kesempatan terakhir mereka dan membuka serangan yang dimaksudkan untuk mengusir Italia dari Albania sebelum Wehrmacht bisa campur tangan. Awal Maret, tentara Jerman berbaris memasuki Bulgaria, dan kekuatan ekspedisi Inggris, yang dengan kedatangan sebelumnya akhirnya berjumlah kurang lebih 62.500 pasukan, mulai bergerak ke Yunani. Tentara Yunani, diperintahkan oleh Marsekal Alexandros Papagos.

 
dari arsip resmi Direktorat Sejarah Tentara Yunani, adalah perspektif Yunani konflik Yunani-Jerman di ROUPEL, pada bulan April 1941:

  • A. Kerajaan Bulgaria, dengan 1 Maret 1941, telah membiarkan pasukan Jerman untuk memasuki wilayahnya. Sebagai gantinya, setelah pertempuran & kemenangan Jerman, Bulgaria diizinkan untuk lampiran daerah Yunani lembah Strymon ke laut Aegean.
  • B. Yunani, sejak Oktober, sedang dalam keadaan Perang dengan Kerajaan Italia. Terlepas dari kenyataan bahwa hampir seluruh angkatan bersenjata itu telah terlibat dalam Perang dengan Italia, Yunani, tanpa ragu-ragu, memutuskan untuk membela diri melawan agresi Jerman, setia sisa tradisi, apa pun biaya.
  • C. pertempuran benteng di ngarai Roupel, berlangsung dari bulan April 6-10, 1941.